Sunday, October 11, 2009

Epoetin's Shot

Seperti yang kuduga. Kunjunganku kali ini membuat pak dokter mengerutkan dahi. Begitu melihat hasil lab dan memeriksa kondisiku, beliau membuatkan resep injeksi lain yang harus kulakukan sendiri seminggu sekali. Waduuuuh, sempat pucat aku mendengarnya. Apalagi ini? Berarti tiap Jumat aku harus menyuntikkan 2 ampul???

Hasil tes labku buruk. Aku perlu penanganan segera untuk meningkatkan Hb dan hematokritku. Aku sempat mengatakan bahwa aku telah mengkonsumsi buah bit merah, namun kata dokter itu tidak cukup karena proses pembentukan sel darah merah dari konsumsi buah bit merah memerlukan waktu dan penambahannya tidak cukup signifikan. Efek terapiku singkatnya mengganggu pembentukan sel darah merah, bahkan menghancurkan sel darah merah yang telah jadi. Aku memerlukan penambahan sel darah merah segera. Untuk itulah dokter meresepkanku Hemapo Epoetin Alfa, hormon Erythropoietin yang menstimulasi peningkatan pembentukan sel darah merah. Semula beliau meresepkan Hemapo 4000IU, namun karena yang ada hanya 1000IU, 3000IU dan 10000IU, maka beliau memutuskan untuk memberikan yang 10000IU. Aku sempat menanyakan mengapa dokter memutuskan untuk memberiku dosis yang lebih tinggi bukan yang lebih rendah, kemudian beliau menginformasikan bahwa saat ini aku butuh "dopping" segera, kalau 3000IU tidaklah cukup. Ditambahkan lagi, terapiku tinggal 3 bulan lagi, sayang bila harus dihentikan karena Hb dan hematokritku yang terus turun.

Hemapo merupakan produk keluaran kalbe farma yang biasanya diresepkan untuk para penderita ginjal. Suntikan ini untuk mengatasi gejala anemia yang dialami oleh penderita gagal ginjal karena produksi erythropoietin (EPO) berkurang, berkurangnya darah pada saat proses cuci darah dan kekurangan zat besi serta asam folat yang penting bagi pembentukan sel darah merah. Anemia menyebabkan penderitanya mengalami pembesaran jantung, penurunan kemampuan fisik, kemampuan daya pikir, pola kebiasaan tidur, kemampuan seksual, kekebalan tubuh dan sistem perdarahan yang semuanya menurunkan kualitas hidup penderita. Suntikan ini mengandung erythropietin berkualitas tinggi yang secara efektif menambah darah. Jadi kalau dicermati mengapa dokter meresepkan aku hemapo ini, berarti aku adalah penderita anemia yang harus ditangani segera. Benar juga sih, karena aku mengalami semua gejala anemia di atas.


Sayangnya suntikan ini tidak termasuk daftar askes (dokterku sempat mengeceknya dalam buku daftar obat askes)dan setelah kutebus di apotik, 10000IU harganya mencapai Rp 599rb, aku membutuhkan 4 suntikan untuk sebulan :(. Saat aku kembali ke ruang kerja dokterku untuk training penyuntikannya, aku sempat diskusi dengan dokterku mengenai harga suntikan ini. Aku meminta alternatif lain, namun dokter mengatakan untuk produk hormon tersebut, produk inilah yang paling murah. Akhirnya beliau memutuskan bahwa untuk suntikan selanjutnya aku diresepkan dosis yang lebih rendah yaitu 3000IU (harganya sekitar Rp277rb). Lumayanlah, toh dokter berpendapat dosisi tersebut cukup buatku.

Kemudian, karena berat badanku yang turun lagi 0.5 kg, beliau memutuskan untuk mengurangi dosis ribavirin sehingga sekarang aku meminum 2 pagi 2 sore. Hal ini untuk mengurangi pusing,lemas dan rasa gelisah di pagi hari. Badanku dinilai dokter tidak mampu lagi menerima dosis pagi 3 tablet. Aku juga sambil senyum-senyum sempat meminta resep antidepressant, tapi beliau keukeuh untuk tidak memberikannya padaku. Dia mendengarkan semua curhatku dan mengatakan aku harus bersabar, 3 bulan lagi terapi ini akan selesai dan kualitas hidupku akan kembali seperti semula.

Sabar...sabar...such a magic word..tapi terkadang sulit untuk terus bersabar.

1 comment:

  1. Assalamu'alaykum wa rohmtulloh wa barokatuh...
    yg pertama adalah segala puji bagi Alloh 'azza wa jalla , alhamdulillah semoga Alloh menyembuhkan , tentu semua adalah takdir Alloh dan sudah pasti ada hikmah dan kebaikan di dalamnya,
    Sabar dan tawakal serta do'a adalah obat kita sebagai hamba Alloh ...
    Mhn maaf sebelumnya sebut saja saya Jim, saya sudah hampir 3 thn menjalani tranfusi darah, dan alhamdulillah beberapa minggu yg lalu saya sdh mendapatkan hasil lab yg mengarahkan saya utk memakai Hemapo, jujur saya jg tdk mengetahui dan saya mencari-cari apa itu Hemapo?
    yg ingin saya tanya adalah efek dari pemakaian Hemapo trsbut dan berapa lamanya pemakaiannya?

    Saya ingin berbagi yg alhamdulillah atas izin Alloh HB saya tdk signifikan turunnya, tp masih turun. Dan saya sdh menjalankan selama 3 bln, yaitu Naqi .
    Naqi itu mudah membuatnya , 7 buah kurma dibuang bijinya dan direndam pada air hangat ukuan 299 ml. Kemudian didiamkan s.d 6 jam, setelah 6 jam maka kurma merkah dan kita aduk dan hancurkan, lalu kita minum air dan makan kurmanya, jika ingin dingin sblmnya bisa ditaruh di frezeer.
    Diminum 2 X sehari , jika pagi dibuat makadiminum sore dan jiak sore dibuat maka dimnum pagi harinya. selamat mencoba

    ReplyDelete